id icon

Indonesia

Sesi Media Group News Summit : Indonesia 2021

MGNews

         

Sebagai salah satu kekuatan bangsa Indonesia dalam melawan pandemi Covid 19, Media Group News ingin memberikan pemahaman kepada semua kelompok dan lapisan masyarakat bagaimana tantangan dan sekaligus solusi nyata bagi mereka yang terdampak langsung dari krisis kali ini. Melalui pemaparan data berbasis survei yang telah terverifikasi secara nasional & diskusi yang komprehensif dari para regulator, pengamat hingga pelaku usaha, Media Group News Summit: Indonesia 2021 diharapkan dapat menumbuhkan optimisme, sikap positif dan tentunya solusi bagi bangsa Indonesia untuk melangkah maju bersama pada tahun 2021.  

    

Menggabungkan konsep off-air dan online yang terbagi dalam beberapa sesi terpisah, berikut tema pembahasan yang akan diangkat:

   

Pandemi Covid 19 nyaris melumpuhkan roda perekonomian nasional. Kendati demikian sejumlah peluang masih memberi harapan, bahwa di tengah kesulitan selalu ada peluang.  Bukan hanya tanggung jawab pemerintah semasa, keterlibatan semua pihak untuk saling bahu membahu menciptakan peluang, patut didukung. MGN Summit Indonesia 2021 menawarkan solusi bersama, baik unuk menggerakkan kemampuan fiskal maupun moneter. Sektor riil menjadi penopang utama agar mampu menciptakan lapangan kerja.

   

Pemerintah telah mendatangkan jutaan dosis vaksin asal Tiongkok yang diproduksi Sinovac Biotech Ltd. Kehadiran vaksin itu menumbuhkan harapan dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Akan tetapi, jalannya masih panjang untuk mencapai proses vaksinasi. Selain mendatangkan vaksin dari luar, Indonesia juga memproduksi vaksin dengan nama vaksin “Merah Putih.” Vaksin yang sedang dikembangkan ini merupakan kerja sama antara Lembaga Eijkman, Bio Farma, dan Sinovac dari China. Pemerintah menargetkan vaksin tersebut bisa diproduksi dan digunakan pada triwulan I tahun ini. Di tengah upaya-upaya itu, ancaman varian baru Covid-19 mengemuka. Apakah yang harus dilakukan pascavaksinasi pada 2021?

   

Selaras dengan tata kelola dunia baru, dengan bersama-sama menanggulangi perubahan iklim, Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan energi ramah lingkungan secara lebih masif. Jurusnya adalah dengan membangun Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Komitmen global menjaga kenaikan suhu bumi maksimal 1,5 derajat celcius, tidak melebihi 2 derajat celcius, telah diperkuat dengan komitmen nasional, yakni ratifikasi pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada 2030 sebanyak 29% dari BaU (upaya nasional) dan 41% dari BaU (dengan dukungan internasional). Hal ini tentu saja tidak mudah, karena itu diperlukan sebuah peta jalan (roadmap) dan strategi pengembangan EBT di Tanah Air.

    

Pandemi Covid-19 benar-benar memukul sektor pariwisata. Kedatangan turis global ke Indonesia selama pandemi menurun tajam, yakni 58% hingga 78%. Akibatnya, Indonesia diperkirakan kehilangan devisa negara sebesar US$ 2,8 juta. Namun seiring dengan kehadiran vaksin di Tanah Air, optimisme akan perkembangan pariwisata di Tanah Air kembali mencuat.

   

Jangan lewatkan Media Group News Summit: Indonesia 2021, Rabu-Kamis, 27-28 Januari 2021.