BERBAGI MELALUI PROFESI

12 Oktober 2019 - 14.21 WIB

Berbagi tidak melulu soal harta, juga  tidak harus menunggu kaya.
Berbagi bukan hanya berupa materi,
Tetapi berbagi bisa juga melalui keahlian atau profesi.

Sesuai dengan tema episode kali ini yang berjudul Berbagi Melalui Profesi, Kick Andy mengangkat kisah tiga narasumber yang membagikan ilmu keterampilannya kepada orang lain tanpa pamrih.

Narasumber pertama adalah Johny Mallato, seorang professional hair dresser atau penata rambut yang saat ini bekerja di salon Toni & Guy. Ketertarikannya pada dunia fashion membuat pria asal Toraja ini terbang ke Paris dan London untuk mengeyam pendidikan hair dresser and makeup. Berbekal ilmu keterampilan tata kecantikan yang ia miliki, pada 2019, Johny membagikan ilmunya kepada para warga binaan Lapas di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A, Tangerang secara cuma-cuma. Johny meyakini bahwa tembok penjara bukanlah penghalang bagi masa depan seseorang.

Berbagi melalui profesi juga dilakukan oleh wanita berdarah Thailand, Nutchaa Panyasheewin. Wanita yang akrab disapa Natcha ini merupakan seorang make up artist yang memulai karirnya secara otodidak. Berawal dari menunjukkan hasil make up-nya kepada sang suami yang merupakan warga negaa Indonesia, saat ini Natcha terus menekuni passionnya di bidang makeup, hingga ia meluncurkan brand kosmetik RAN pada 2017 silam. Untuk membuktikan kepeduliannya terhadap dunia make up, Natcha memberikan edukasi tutorial make up secara gratis kepada beberapa anak muda yang tergabung dalam komunitas Young Makeup Artist Indonesia. Selain itu, Natcha juga membagikan ilmu tata riasnya kepada ibu-ibu rumah tangga di sekitaran Jakarta.

Kebaikan juga ingin ditularkan oleh Alvon Ditya Arusdikara. Pria yang dikenal dengan nama Alvon ini adalah seorang musisi sekaligus ahli dalam bermain alat musik biola. Alvon pernah merasakan sulitnya mempelajari alat musik karena terkendala biaya, maka dari itu, Alvon dan teman-temannya mendirikan Sanggar Seni Notoyudan pada 2017. Di sanggar yang berlokasi di Jogjakarta ini, Alvon mengajarkan seni musik kepada lebih dari 100 murid secara ikhlas.